15.1.13
By - 15.1.13
Bubur dengka adalah nama bubur layaknya bubur sumsum,agak aneh terbaca pada saat pertama kali membaca banner bubur bernama dengka. Tidak sulit untuk menemukan bubur dengka diseputaran kota Bandar Lampung.
Kebetulan minggu ini kami memang sengaja tinggal dirumah yang ada di Bandar lampung. Mumpung masih dikota, kami nikmati saja suasana ini dengan berjalan-jalan bersama Dimas dan Papinya. Dan hingga hari menjelang malam, kami akhirnya mampir di kedai bubur dengka yang bila dihitung ada lima hingga tujuh kedai disepanjang jalan ini. Hmm, bikin penasaran.

Dan akhirnya kami singgah juga disalah satu kedai. Tanpa babibu, Suami dan Dimas sudah mulai gerilya sama si mamang penjual bubur. Pesan ini dan itu. Pesanan akhirnya datang juga. Dan traallaa, oo ini toh bubur dengka. Dilihat dari bentuk dan tekstur, bubur dengka berbahan sagu delima yang jika direbus akan menjadi butiran kenyal. Cara membuat Bubur dengka menggunakan santan panas sebagai kuah. Hmm, memang Sedap.

Penasaran dengan cara membuat bubur dengka, saya gerilya mencari buku resep di Gramed keesokan harinya. Dan berita baiknya, saya sukses membeli majalah bobo buat Dimas, sedang buku resep nihil. Cari diinternet, resepnya didapat seperti dibawah ini. Belum dicoba sih, soale mau cross cek resep ini dulu sama mamang penjual bubur, gampang mana? *kemarin malem lupa nanya, hihihi.

Bubur Dengka
Resep Bubur Dengka

Bahan Bubur Dengka

  • 200 gr sagu delima
  • 1 liter santan
  • 1/2 sdt garam
  • 3 lembar daun pandan
  • 1 sdm tepung beras
  • 200 gr gula pasir
  • 10 buah nangka, poton dadu kecil

Cara membuat / memasak Bubur Dengka

  1. Didihkan air, kira - kira 2 literan, kemudian masukkan sagu delima dan rebus hingga matang mengapung. Angkat tiriskan kemudian cuci dengan air, sisihkan. Masak 1 liter santan dengan garam, daun pandan, tepung beras dan gula pasir hingga mendidih. Masukkan sagu biji delima yang sudah kering tadi beserta potongan nangka. Tidak usah menunggu lama, segera sajikan bubur dengka. Cukup untuk 10 porsi

Gimana? Mau mencoba resep bubur dengkanya? Silahkan, jika berhasil dishare ya Bun..
Salam

Sumber:
[1] Majalah Kulinologi vol II/no.8/2011 halaman 62 - bubur dengka
[2] Cara membuat dan membikin bubur dengka
[3] Resep bubur dengka
[4] Rating 4.9 oleh 4350 sahabat.

 

Start typing and press Enter to search